Matematika merupakan ilmu yang penting dalam kehidupan kita dan merupakan induk dari segala ilmu. Perkembangan ilmu pengetahuan dan kebudayaan dalam kehidupan sehari-hari tidak lepas dari matematika itu sendiri. Pembelajaran matematika bertujuan untuk membekali anak agar memenuhi kemampuan berfikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif. Sehingga matematika sudah diajarkan kepada anak sejak pendidikan dasar. Kompetensi matematika tersebut diperlukan untuk menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat, dan anak juga dapat memiliki kemampuan memperoleh, mengelola, serta memanfaatkan informasi yang nantinya berguna untuk bertahan hidup ditengah perkembangan zaman ini.

     Kenyataannya, matematika sering dianggap salah  satu ilmu yang paling sulit dipelajari oleh sebagian besar anak. Pada pembelajaran matematika itu sendiri mempunyai objek yang bersifat abstrak menyebabkan anak kesulitan untuk mempelajari matematika. Hal ini juga disebabkan dikalangan anak saat ini, telah terjadi keraguan terhadap diri sendiri, mereka cenderung beranggapan bahwa kemampuan yang mereka miliki itu rendah. Sehingga tidak mau melihat atau mengukur kemampuan yang mereka miliki.

     Oleh karena itu, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Tadris Matematika (TMT) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung akan mengadakan sebuah kompetisi yang dikemas dalam bentuk olimpiade matematika sebagai ajang pengembangan potensi siswa/siswi yang duduk di bangku SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA, dan lomba karya tulis ilmiah untuk  SMA/MA. Kegiatan ini bertujuan untuk membina serta memberikan sarana dan prasarana untuk generasi pelajar guna mengembangkan potensi dirinya kearah peningkatan kualitas dalam bidang matematika.

Tags:

2 Responses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *